Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya


Solopopuler.com - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa sih itu perbedaan dari SMA, SMK dan MA. Kebanyakan siswa belum mengetahui Apa perbedaan dari ketiga tersebut, apalagi siswa yang mau lulus SMP pasti mereka bingung mau lanjut ke mana.

Oke teman-teman pada kesempatan ini Saya sedikit sharing mengenai apa itu seragam putih abu-abu dan seragam putih biru biru atau biasa kita sebut dengan SMP. Jika kamu termasuk siswa SMP maka tepat sekali untuk membaca artikel ini, karena artikel ini akan mengulas seputar langkah yang kalian tempuh jika kalian lulus nanti.

Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya

Nah, kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melanjutkan sekolah. Oleh karena itu kita intropeksi terlebih dahulu pelajaran apa yang kita sukai, misal jika kita suka dengan kendaraan atau mengotak-atik motor maka jurusan yang tepat adalah teknik otomotif, sebaliknya jika kalian suka berpikir dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan maka kita akan mengambil jurusan IPA, IPS dan bahasa yang ada di SMA maupun MA.

Sebelum melanjutkan pengertian dari SMA, SMK dan dan MA. Terlebih dahulu saya ingin bertanya apakah kalian ingin masuk ke SMA atau SMK itu atas pilihannya sendiri atau hanya ikut temannya saja. Kebanyakan anak zaman sekarang itu hanya ikut teman-temannya saja agar bisa selalu bersama atau bahkan bisa saja ikut pacar agar selalu ada setiap saat. Hal itu benarnya tidak masalah menurut saya tetapi harus rajin belajar dengan giat dan tidak pacaran secara terus-menerus.

Oke, langsung saja saya akan menjelaskan secara cara sederhana dan sedikit saja mengenai perbedaan dari SMA, SMK dan MA. Tanpa basa basi mari silahkan simak artikel berikut :

Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya
Image : Kemendikbud.go.id

Sekolah Menengah Atas (SMA)


SMA atau sekolah menengah atas merupakan sekolah umum yang ditempuh oleh siswa dari lulusan SMP SMP atau sederajat. SMA terdiri dari kelas X, XI, dan XII, yang merupakan tingkatan wajib yang dianjurkan oleh pemerintah wajib belajar selama 12 tahun.

Pada jenjang ini pembelajaran dilakukan secara umum yang terdiri dari berbagai bidang ilmu dengan cakupan yang sangat luas.

Untuk jenjang SMA sendiri kamu nantinya akan memilih jurusan atau kelompok belajar sesuai dengan kurikulum KTSP 2006, pengelompokan tersebut biasanya dilakukan dari kelas XI, karena pada saat kelas X masih pelajaran umum misal matematika, IPA, IPS masih bercampur. Sedangkan pemerintah pada tahun 2013 mengubah kurikulumnya menjadi Kurtilas atau kurikulum 2013.

Pengelompokan semacam itu dinamakan peminatan dan dari kelas X siswa yang masuk langsung dimasukkan ke jurusannya masing-masing sesuai dengan pilihan kalian dan ditentukan juga oleh Nilai raport dari SMP. Tidak langsung masuk ke jurusan nya masing-masing tetapi pihak sekolah masing-masing tetapi pihak sekolah pun juga akan menyeleksi dengan ujian, setelah ujian selesai selang beberapa hari akan ada pengumuman Apakah kamu masuk ke IPS atau IPA bahkan ada juga bahasa tergantung dari sekolahnya masing-masing.

Berikut ini merupakan penjelasan dari jurusan yang ada di SMA :

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Pada penjurusan atau peminatan ini biasanya mata pelajaran yang berkaitan dengan alam. Secara spesifik materi yang diajarkan yaitu fisika, biologi dan kimia. Perbedaan dengan jurusan IPS kalau jurusan IPA itu pasti maksudnya adalah kalau rumusnya A jawabannya juga harus A. Biasanya siswa yang masuk di jurusan IPA cenderung orangnya pendiam dan suka belajar, tetapi pada jurusan ini kelemahannya adalah kurangnya jiwa sosial karena kebanyakan anak IPA adalah introvert.

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Penjurusan atau peminatan IPS biasanya nya terfokus pada mata pelajaran ilmu sosial dan humaniora. Secara spesifik mata pelajaran yang diajarkan adalah sejarah, ekonomi, biografi, sosiologi dan antropologi. Pada jurusan IPS matematika pun juga ada sebenarnya tetapi dirancang lebih efisien dan mudah dimengerti karena hanya sebatas lintas minat saja.

Anak IPS memiliki kelebihan jiwa sosial yang tinggi dan solidaritas antar teman serta saling berbagi satu sama lain. Untuk kelemahannya sendiri anak IPS cenderung senang cenderung senang bergurau dan tidak begitu serius dengan mata pelajaran.

Bahasa

Penjurusan atau peminatan yang selanjutnya adalah ilmu bahasa, pada ilmu bahasa pelajaran yang di ajarkan biasanya bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan satu bahasa asing wajib. Untuk bahasa asing itu bersifat wajib dan pilihan biasanya tergantung pada pihak sekolah kebanyakan sekolah mengambil bahasa asingnya adalah Jerman, Mandarin, Jepang dan Perancis.
Di jurusan bahasa kamu akan bisa fasih berbahasa asing maupun pintar dalam kosakata baik bahasa lokal bahasa daerah bahasa daerah baik bahasa lokal bahasa daerah bahasa daerah maupun bahasa internasional.

Anak bahasa cenderung memiliki sifat yang netral, dia juga pandai dalam bergaul dan juga pandai dalam belajar itulah kelebihan dari anak bahasa.

Dari ketiga jurusan yang terdapat di SMA maupun MA tadi semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari minat dan bakat kalian untuk melanjutkan ke perguruan tinggi nanti. Asalkan mau berusaha dan bekerja keras pasti akan mendapatkan perguruan tinggi negeri yang kalian impikan.

Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya
Image : siapsekolah.com

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) 


Nah kali ini saya akan mengulas tentang Apa itu SMK, sebenarnya perbedaan dari SMA maupun SMK itu sangat jauh. Untuk SMA perbedaan sangat mencolok yaitu adalah dari segi teori, sedangkan SMK adalah praktik.Pada jenjang SMK menitikberatkan pada persiapan siswanya untuk untuk bekerja. Jadi secara umum SMK itu adalah mengasah atau mempersiapkan skill ketimbang teori saja.

Sebenarnya antara keduanya memiliki persamaan yaitu dipisahkan oleh jurusan. Tetapi untuk SMK jurusannya sangat banyak dan variatif. Berikut ini adalah beberapa jurusan di SMK yang banyak diminati oleh siswa yang yang baru mendaftar dan memiliki kesempatan kerja tinggi waktu sudah lulus.

Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)

Pada jurusan TKJ ini kamu akan mempelajari bagaimana teknik dan cara merakit komputer dengan baik dan benar, Bagaimana cara merawat komputer serta cara pemasangan jaringan baik jaringan seluler nya maupun nirkabel.

Teknik Mesin

Pada jurusan ini kamu akan diajarkan segala hal yang berhubungan dengan mesin baik itu mesin motor maupun mesin mobil. Kalian diajarkan mulai dari nol, mulai dari bahan dasar, cara memproduksi dan fungsi-fungsi komponennya.

Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

TKR dengan teknik mesin memiliki hubungan akan tetapi memiliki perbedaan, untuk TKR sendiri hanya body dari motor atau mobilnya saja tetapi untuk teknik mesin itu kamu akan mempelajari komponen mesinnya.

Tata Busana

Pada jurusan Tata busana kamu akan diajarkan bagaimana cara menjahit dengan benar. Tidak hanya menjadi saja menjadi saja saja Tetapi kalian juga akan diajari Bagaimana cara mendesain baju, pola dan modal baju.

Tata Boga

Untuk jurusan Tata Boga kalian akan kalian akan diajari bagaimana cara memasak mulai dari cara tekniknya, peralatan masaknya dan bisnis kuliner untuk kedepannya.

Multimedia

Pada jurusan multimedia kalian akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yaitu Bagaimana cara membuat video, cara membuat video, cara menyampaikan perantara informasi dan yang berkaitan dengan media. Jika pada jurusan ini kalian dapat mengaplikasikannya maka kesuksesan didepan mata.

Akuntansi

Pada jurusan yang yang satu ini sangat populer sekali di di kalangan masyarakat, banyak siswa yang ingin masuk ke jurusan ini tetapi untuk saya sendiri tidak begitu berminat karena pada pelajaran ini kalian akan diajarkan bagaimana cara pembukuan dengan benar, pencatatan Laporan harian maupun bulanan dan laba atau rugi perusahaan yang kalian catat dalam pembukuannya.

Keperawatan

Pada jurusan ini kqalian akan diajarkan berbagi ilmu tentang dunia perawat.
Mitos Tentang SMK? 
Sebenarnya apa sih mitos SMK mitos SMK itu banyak pertanyaan yang muncul ke saya, mitos dari sekolah menengah kejuruan kejuruan ini adalah tidak bisa kuliah. Kebanyakan orang mengira bahwa jurusan SMK tidak bisa kuliah akan tetapi hal tersebut salah besar titik karena Jurusan apapun apapun apapun Baik itu SMA, SMK maupun MA semua bisa kuliah asalkan mengikuti tes tertulis dari perguruan tinggi masing-masing. Di sini keunggulan SMA berperan yaitu keunggulan SMA berperan yaitu bisa mengikuti SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang tidak akan mengikuti tes, jadi masuknya melalui jalur raport.
Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya
Image : Ibadah.co.id

MA dan MAK


Madrasah Aliyah atau MA dan Madrasah Aliyah kejuruan atau MAK sebenarnya memang mirip dengan SMK maupun SMA. Namun, ada perbedaan sendiri antara antara cara sekolah tersebut yaitu penambahan porsi secara mendalam tentang agama Islam. Di sekolah madrasah terdapat mata pelajaran ilmu fiqih, Al - quran hadist dan Aqidah Akhlak.

Semua tergantung kepada kalian, jangan pernah mengikuti temannya karena Masa depan ditentukan oleh tangan anda sendiri. Nurut lah kata hati sendiri maupun bisikan dari orang tua tua.

Itulah sedikit ulasan mengenai perbedaan dari SMA SMK dan MA menurut Solopopuler.com Jika masih ada pertanyaan silakan menghubungi admin.

Posting Komentar untuk "Perbedaan antara SMA, SMK dan MA serta Jurusannya"