Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo

Solopopuler.com - Solo adalah salah satu kota besar di Jawa Tengah yang memiliki budaya yang sangat beragam. Tidak ada henti-hentinya jika ingin mengulas seputar di kota Solo. Orang bilang orang-orang di solo terkenal dengan sopan santunnya. Selain itu kota ini juga terdapat makanan yang enak, murah dan halal pastinya.

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo

Mencari makanan yang enak dan murah tentu dibutuhkan informasi yang tepat untuk mendapatkannya. Makanan yang enak dan mahal sering kita jumpai di sepanjang jalan dan itu juga tidak menjamin kehalalannya. Tetapi untuk makanan yang enak serta murah sangat sedikit kita jumpai.

Di kota solo banyak makanan yang bisa kita temukan mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal , tetapi pada kesempatan saya di artikel kali ini saya akan membagikan makanan yang enak dan murah. Berburu kuliner harus sesuai dengan kantong , jika tidak sesuaikan dengan isi kantong justru malah membebani kita sendiri, walapun kenyang tetapi malah menambah pikiran.

Berikut ini adalah 10 makanan khas Solo yang bikin ngiler dan salah 1 wajib kalian coba jika ingin datang kesini.

1. Tengkleng Bu Edi

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
Netz.id

Tengkleng bu Edi sudah terkenal sudah lama, jika kalian berkunjung di pasar klewer pas banget dan cocok untuk di coba. Lokasi tempatnya yaitu Gapura pasar klewer masuk ke selatan beberapa meter setelah itu akan menemukan pendopo kecil , di situlah tempat bu edi berjualan.

Kebanyakan orang bilang bahwa tengkleng bu edi ini sangat berbeda dengan yang lain. Rasa yang sangat gurih dengan perpaduan rempah - rempah yang lengkap menyebabkan rasa yang luar biasa.

Untuk harganya sangat terjangkau , kalian juga akan mendapatkan seporsi nasi untuk dapat menikmati tengklengnya. Uniknya lagi makanan ini di sajikan hanya dengan daun pisang, itulah salah satu yang bikin tengkleng itu nikmat.

Untuk jam bukanya sendiri tengkleng bu edi ini sekitar jam 2. Tidak sampai sore saja tengkleng ini sudah habis , jadi langsung saja kalian yang penasaran untuk mencobanya ya.

2. Gudeg Ceker Bu Kasno

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
travellingyuk.com

Tanpa ketinggalan dengan makanan yang satu ini yaitu gudeg ceker bu Kasno. Gudeg ini buka pada waktu dini hari yaitu sekitar jam 02.00 - 07.00 WIB. Usutnya mereka buka jam segitu karena memiliki sejarah. Jaman dulu ada yang namanya permainan togel dan tempatnya itu di rumah makan gudeg bu kasno ini, jadi gak salah jika bu Kasno buka pada jam itu.

Untuk harganya tergolong murah hanya culup dengan 18 ribu saja sudah mendapatkan nasi gudeg dan ceker. Lokasi gudeng ceker bu kasno sangat strategis tepatnya di depan SMA Negeri 1 Surakarta.

3. Srabi Notosuman Surakarta

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
tribunnews.com

Cemilan kali ini tak kalah jauh dengan makanan yang lain, serabi notosuman dijadikan sebagai oleh - oleh saat berkunjung di solo. Rasa yang khas dan lembut membuat serabi digemari oleh banyak orang. Dengan perpaduan tepung beras dan gandum dapat menjadikan aroma yang harum dan mantap jika di santap.

Serabi notosuman memulai usahanya pada 1923 , masyarakat di kota solo masih percaya dengan rasa yang khasnya sampai tahun 2020. Selain rasanya juga enak , serabi notosuman harganya sangat murah. Cukup hanya dengan membayar 20 ribu kalian akan mendapatkan varian original sebanyak 10 buah. Sedangkan , varian coklat seharga 25 ribu juga akan mendapatkan 10 buah.

Pemilik serabi notosuman mengatakan jangka konsumsi serabi hanya bertahan hingga 24 jam saja setelah masa produksi. Untuk bisa mendapatkan srabi notosuman cukup mengunjungi di Jalan Mohamad Yamin nomor 28 Surakarta.

4. Soto Gading

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
surakarta.go.id

Soto gading adalah salah satu makanan yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan pagi bagi semua orang. Soto Gading buka setiap hari pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB. Soto ini terletak di jalan Bridgen Sudiarto Nomor  75 Pasar Kliwon.

Soto gading memiliki harga 10 ribu saja untuk setiap porsinya. Dengan porsi tersebut kalian akan mendapatkan nasi soto , kentang , bihun dan juga suwiran ayam. Selain menjual soto ditempat ini juga tersedia cemilan antara lain tempe tahu goreng , ati ampela , telur puyuh, usus dan lainnya.

5. Timlo Sastro

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo

Selain soto, gudeng ada juga makanan yang tak kalah enak di Solo yaitu timlo. Saya sangat merekomendasikan jika kalian ke solo maka tempat ini wajib di kunjungi.
Timlo sastro tletak di Jln. kapten mulyadi Nomor 8, Jebres.

Timlo sastro buka pada jam 06.00 - 15.00 ,cocok untuk sarapan pagi maupun makan siang.

Tambahkan sedikit sambal dan jeruk nipis untuk menambah cita rasa yang nikmat. Selain itu tambahkan nasi secukupnya dan campurkan.

6. Rumah Makan Pecel Bu Kis

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
wonderfulsolo.com

Menu makanan dikota solo yang selanjutnya adalah Pecel Bu Kis. Pecel bu kis terletak pada Jln Gleges, Laweyan, Surakarta. Buka pada jam 07.00 setiap harinya, tetapi untuk hari minggu libur ya. Menurut saya yang paling enak dari pecel ini adalah sambelnya. Perpaduan rasa yang gurih dan pedas banyak digemari oleh masyarakat.

Biasanya orang yang makan di sini menghabiskan waktunya 20 menit.

Menambah nasi putih yang hangat menambah rasa yang enak dan tentunya ingin nambah lagi. Oh iya jangan sampai lupa untuk menambah kerupuknya ya biar tambah sedap.

7. Cabuk Rambak Manahan

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
wordpress.com

Kota solo memang tidak pernah ada hentinya untuk menyajikan berbagai macam khas kulinernya. Salah satu kulinernya adalah cabuk rambak. Cabuk rambak merupakan makanan jaman dahulu. Dengan paduan ketupat, sambal wijen dan karak beras yang dikemas dengan daun pisang atau pincuk membuat makanan ini jelas terasa enaknya.

Jika ingin kesini, kalian dapat menjumpai cabuk rambak di Jlan Adi Sucipto, Manahan. Biasanya pagi hari sudah buka, pas banget kan waktu kalian habis selesai lari pagi.

8. Rica ISI Bu Sartini

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
febridwicahya.com

Siapa sih yang mengenal dengan Rica ISI bu Sartini, youtuber terkenal Nex Carlos sudah mereview makanan yang satu ini. Hal yang paling beda makanan ini dengan yang lain yaitu cita rasa yang pedas, gurih dan manis.

Selain itu harga untuk 1 porsi makanan rica bu sartini ini hanya sekitaran 9 ribu.
Kebanyakan yang datang kesini adalah mahasiswa ISI dan UNS. Tdak pernah sepi pengunjung warung yang satu ini. Buka pada jam 09.00 sampai sekitaran jam 15.00sudah habis terjual setiap harinya kecuali hari minggu karena libur.

Rica ISI bu saryini terletak sebelah kampus ISI surakarta masuk kedalam gang kecil , kalau masih bingung buka saja google maps.

9. Warung Selat Mbak Lies

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
senangkuliner.com

Wisata kuliner di Solo yang selanjutnya yaitu selat mbak Lies. Selat mbak lies ini agak sedikit masuk kedalam gang. Tetapi gak usah khawatir cukup buka google maps tempat ini sudah ada disana. Cita rasa yang enak dan pas tentu banyak orang yang ingin mencoba makanan ini.

Selat mbak lies memiliki harga 1 porsi 28 ribu. Dengan harga segitu kalian sudah akan mendapatkan potongan daging sapi, kentang , telur dan tentunya masih banyak lagi. Seorang youtuber kuliner yang terkenal yaitu Ria SW juga pernah mendatangi tempat ini.

Selain makanannya enak , selat mbak lies mempunyai dekorasi yang sangat unik. Yang membuatnya unik adalah meja makannya aja ada nama - nama artis Indonesia.

10. Ayam Penyet Bandung (APB)

10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo
dimanaja.com

Ayam Penyet Bandung merupakan makanan yang enak yang tidak pernah sepi pengunjung. Mahasiswa sekitaran solo pasti mengetahui warung makan ini.

Disana terdapat ayam yang sangat enak dan bikin nagih jika sudah mencobanya. Yang bikin ketagihan itu adalah sambalnya.
Sampai lupa , tempat makan Ayam Penyet Bandung (APB) ini terletak di Bandungan , Jebres lebih tepatnya dekat Belakang Kampus UNS. Untuk harganya sendiri tentu sangat murah , hanya sekitar Rp 11.000 kalian akan mendapatkan paket Nasi , Ayam , kol goreng , tempe goreng , terong goreng dan juga es teh. Saran saya nambah nasi ya dari pada gak kenyang.

Tempat ini selalu ramai apalagi jika jam makan siang, banyak mahasiswa yang kesana untuk makan kan dan Saran saya kalau makan disini jam 10 atau jam 2 lewat.

Banyak kan makanan yang ada di Solo, sebenarnya masih ada beberapa makanan Solo yang masih saya belun post. buat kalian yang ingin pergi ke kota Solo siapin saja ya uang kalian punya untuk berburu kuliner di sini. Jika masih ada pertanyaan silakan hubungi admin melalui email.

Posting Komentar untuk "10 Makanan Terenak dan Terhits Yang Harus Kalian Coba Ketika di Solo"