Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara Domain, Hosting dan Server

Solopopuler.com - Memulai sebuah bisnis, merintis sebuah blog ataupun membuat website tentu kalian harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Hosting, domain dan server. Beberapa istilah tersebut sering di dengar tetapi kita tahu apa maksudnya. Kata teman itu kata teman lain ini membuat bingung dan seakan terus bertanya kepada siapa saja dan sudah bergabung juga di sebuah grup blogger tetapi tidak mengetahuinya juga.

Perbedaan Antara Domain, Hosting dan Server

Jika masih bingung, saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai apa itu hosting, domain dan server. Simak artikel berikut !

Perbedaan Hosting, Domain dan Server.


Hosting


Hosting adalah tempat dimana untuk menyimpan data yang ada pada sebuah website. Biasanya hosting ditempatkan dalam sebuah server, meskipun keduanya memiliki kesamaan yaitu menyimpan data. Namun perbedaannya antara server dan hosting yaitu kalau server mempunyai hard disk (perangkat keras), RAM hingga prosesor yang dimana ukurannya di sesuaikan untuk disimpan di dalam rack server.

Ada jenis hosting yang dapat kalian pahami, antara lain yaitu cloud hosting dan shared hosting. Could hosting sendiri merupakan hosting yang di simpan pada sebuah server dan terhubung melalui cloud yang berbasis jaringan internet. Oleh sebab itu, server yang digunakan lebih dari satu server sehingga akan terjadi saat terjadi sebuah masalah, server lain yang juga terhubung dengan internet dapat juga menjadi suatu cadangan sementara hingga  masalah menjadi terselesaikan.

Sementara itu penjelasan dari Shared hosting adalah suatu jenis hosting yang memiliki harga terjangkau dan dapat digunakan oleh beberapa website sekaligus. Dalam artian hosting yang kalian gunakan berada pada sebuah server yang juga digunakan orang lain, sehingga kecepatan website pun juga terbagi hal tersebut yang mengakibatkan website sulit untuk di akses.
Secara umum ketika kalian menyewa layanan sebuah hosting, maka yang kalian dapatkan yaitu jasa penyimpanan data yang akan di pakai di blog atau website kamu. Data tersebut dapat berupa video, audio, teks, gambar, file dan lqin sebagainya. Jika masih penasaran klik aja link ini untuk dapat mengetahui penjelasan secara detailnya.

Server


Server merupakan suatu layanan sistem komputer yang menyediakan jasa tertentu dalam satu jaringan komputer. Fungsi dari server adalah untuk menjalankan fungsi perangkat lunak yang dapat mengontrol sebuah akses yang dimana untuk masuk ke dalam jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalam server. Server wajib dan harus di simpan di data centeryang harus didukung dengan fasilitas yang lengkap agar mesin pada server bisa bekerja secara optimal ketika di akses di seluruh dunia dan tidak mudah rusak serta dapat awet atau bertahan lama.

Secara singkat, server dapat bekerja ketika ada permintaan dari suatu klien. Klien dalam hal ini adalah kamun saat mengakses internet melalui sehuah browser. Ketika kalian menggunakan internet tentu pasti akan mengakses website baik itu yandex.com, google.com yahoo.com dan lainnya. Nahh, setelah itu peran dari server adalah mengirimkan sebuah informasi ke perangkatmu sesuai apa yang kalian cari saat itu.

Domain


Nahh ini yang paling penting yaitu domain, domain merupakan sebuah nama yang sudah ditentukan dan diatur oleh sesorang atau sebuah lembaga pengelola nama domain Indonesia yaitu PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Website bisa kita ibaratkan seperti rumah dan domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah yang di dalamnya terdapat konteks IP (IP address).

Ketika kalian mengeluarkan uang untuk membeli sebuah nama domain, kamu hanya bisa menyewanya selama 1 tahun saja, akan tetapi juga bisa memperpanjangnya untuk setiap tahunnya. Untuk masalah harga berbeda setiap penyedia domain mulai dari murah hingga relatif mahal semua tergantung dari kecepatan loading. Jika masih bingung bisa klik link ini.

Kesimpulan


Setelah membaca perbedaan antara Hosting, Server dan Domain diatas, cobalah ingat lagi dimana tempat untuk memyimpan data dalam website. Ingat ya, setelah mempunyai domain kalian harus segera mendaftar akun hosting agar website bisa langsung digunakan.

Namun, ketika memilih sebuah hosting untuk blog atau website, pastikan hosting itu teruji kecepatan dan keamanannya. Pilih lah penyedia jasa yang memiliki reputasi baik dan memiliki jaminan sertifikat.
Saya memiliki beberapa saran jika ingin membeli sebuah domain maupun hosting antara lain :



Masih banyak lagi penyedia domain dan hosting, Semoga Artikel ini membantu !

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Domain, Hosting dan Server"