Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi

Solopopuler.com - Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan tempat wisata yang terdapat di kota Solo. Kota Solo merupakan destinasi yang cocok untuk wisatawan asing maupun lokal, bahkan Solo merupakan kota yang yang memiliki tempat wisata yang indah dan dikunjungi banyak orang.

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi

Di Solo memang Kebanyakan orang hanya mengetahui tentang keraton dan tempat budaya nya saja. Solo pun juga banyak menyimpan tempat untuk memanjakan sedikit pikiran yang sedang penat.
Berikut ini saya sajikan beberapa tempat atau destinasi wisata yang cocok kalian kunjungi jika berada di kota Solo.

Taman Balekambang

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
detiktravel.com

Tempat pertama yang harus kalian kunjungi adalah taman Balekambang. Taman ini merupakan salah satu taman yang ada di kota Solo, biasanya anak muda dan orang tua bersama anaknya menghabiskan waktunya di sini.

Di sini terdapat banyak pepohonan yang sangat rindang, beberapa hewan pun juga terdapat di sini mulai dari rusa angsa ayam hias dan hewan yang sangat lucu titik Taman ini buka pada pukul pukul 6 pagi setiap harinya sampai dengan jam 5 sore hari.

Lokasi dari taman Balekambang ini tidak jauh dari pusat perkotaan ya itu hanya sebelah dari stadion Manahan kurang lebih 500 sampai 1 km saja. Tepatnya adalah Jalan Balekambang nomor 1 Manahan Kecamatan Banjarsari Surakarta Jawa Tengah

Taman Balekambang ini dikelola oleh pemerintah kota Surakarta. Kebersihan, kenyamanan dan keamanan dijaga dengan baik. Oleh karena itu para pengunjung sangat menikmati di taman Balekambang ini.

Kampung Batik Kauman

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
surakarta.go.id

Tempat wisata di kota Solo berikutnya yaitu itu Kampung batik Kauman. Kampung batik Kauman terdapat di pusat kota Solo Oma Kampung ini merupakan pusatnya batik di Solo semua orang atau penduduk di Kauman rata-rata adalah pengrajin batik maka dari itu tidak heran jika Kampung ini diberi nama Kampung batik.

Di Kampung batik Kauman ini semua masyarakatnya membuat batik dengan tangan sendiri atau bisa disebut dengan homemade titik memang untuk harga sedikit relatif mahal tetapi kualitas yang diberikan sangat sangat bagus dari batik lainnya.

Kebanyakan pengunjung yang kesini adalah keluar dari kota Solo tapi ada juga yang berasal dari luar negeri.

Jika kalian berminat mengunjungi Kampung batik Laweyan, cukup datang saja ke alamat Jalan Cakra, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga : 9 Spot Foto Instagramable Yang Keren di Wonogiri

Ngarsopuro Night Market

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
inibaru.id

Tempat yang selanjutnya adalah ngarsopuro night market merupakan tempat yang sangat saya rekomendasikan ketika malam hari yang ingin menikmati suasana kota Solo titik di sana terdapat banyak penjual baju dan juga makanan. Walaupun tidak setiap malam buka tetapi tempat ini Ini Selalu ramai dikunjungi para pengunjung baik dari Solo maupun luar Solo.

Lokasi : Jalan Diponegoro, Banjarsari, Surakarta.

Taman Cerdas (Tamcer)

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
Solopos.com

Selain Taman Balekambang Kota Solo juga memiliki taman yaitu Taman Cerdas atau tamcer. Kebanyakan orang disini menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang dimana taman ini terletak di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret.

Walaupun tempat ini ini tidak begitu luas tetapi tempat ini memiliki desain yang sangat minimalis dan membuat nyaman para pengunjungnya. Selain itu tempat juga terdapat gubuk kecil dapat untuk duduk dan bersantai.

Di sekitar Taman cerdas terdapat banyak penjual kaki lima mulai dari Es, sempol, makanan ringan dan masih banyak lagi. Makanan tersebut sangat murah dan juga enak tentunya, siapa saja dapat menikmati di taman cerdas ini.

Lokasi Taman Cerdas : Jl. Ki Hajar Dewantara RT 2 RW 25, Jebres, Surakarta (tepatnya sebelah barat kampus UNS).

De Tjolomadoe

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
construcyionplusasia.com

De Tjolomadoe merupakan dulunya adalah tempat bekas pabrik gula. Pemerintah Kota Surakarta mengubah dari pabrik gula yang tidak terpakai menjadi tempat wisata yang menyajikan kan halaman yang sangat luas dan di dalamnya nya terdapat mesin-mesin bekas pabrik gula.

Tempat ini memiliki lahan yang sangat luas biasanya nya halaman sering dipakai untuk konser musik, tempat untuk clothingan, bazar makanan dan masih banyak acara lagi.

Untuk biaya masuknya sendiri Pemkot Surakarta menargetkan kepada pengunjung sebesar Rp 25.000 untuk setiap orangnya. Jika kalian ingin ke sini jangan lupa membawa makanan dan minuman dari rumah karena tidak banyak dan dibatasi.

Untuk fasilitas sendiri di De Tjoladoe cukup mumpuni Tersedianya mushola, toilet dan halaman parkir yang sangat luas titik setiap sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000

Lokasi De Tjolomadoe : Colomadu, Karanganyar, Surakarta

Kraton Surakarta

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
jateng.suara.com

Salah satu tempat yang paling terkenal di kota Solo adalah Keraton kasunanan Surakarta Keraton kasunanan Surakarta Surakarta atau yang disebut Keraton Solo merupakan tempat yang paling bersejarah untuk menyimpan barang-barang kerajaan yang masih bisa diselamatkan. Tempat ini sangat sakral sekali Oleh karena itu tidak sembarang orang bisa masuk ke sini, pengunjung hanya dapat di halamannya saja. saja.

Keraton kasunanan Surakarta Buka setiap Senin sampai Kamis dari jam 9 sampai jam 2 siang saja. Jika kalian dari luar kota Jangan lupa membeli souvenir yang menarik yang terdapat di samping Keraton kasunanan Surakarta.

Lokasi Kraton Surakarta : Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.


Alun - Alun Kidul Surakarta

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
sewabussolo.com

Tak jauh dari Keraton kasunanan Surakarta alun-alun Kidul Surakarta adalah tempat yang cocok untuk kalian hanya sekedar nongkrong ataupun membeli jajanan di sana. sana. Di sini ini banyak sekali penjual penjual makanan ringan mulai dari bakso bakar, wedang jahe, Sempol, bakso goreng dan masih banyak jajanan lainnya lagi.

Tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam 10 malam. Biasanya orang berkunjung ke sini siang hari dan ramainya malam malam hari untuk menikmati suasana kota Solo.
Jika kalian ingin ke sini jangan lupa membawa uang yang cukup untuk membeli makanan disana, karena banyak sekali makanan pilihan jadi di sisain uang yang cukup. Untuk parkirnya sendiri Rp 2.000 per motornya.

Lokasi Alun alun kidul Surakarta : Jalan Gading, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Benteng Vastenburg

Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi
inews.id

Salah satu tempat wisata di kota Solo yang wajib Anda kunjungi adalah benteng vastenburg. Tempat ini sangat bersejarah untuk warga Solo karena dahulunya benteng ini Ini digunakan oleh Belanda untuk penyiksaan masyarakat yang ada di kota Solo. Tempat ini masih memiliki khas Belanda karena belum di renovasi.

Untuk tiket masuknya sendiri Benteng vastenburg secara gratis hanya membayar parkir saja. Di sebelah benteng juga terdapat penjual makanan yang disebut dengan GALABO.

Selain makanan, di dekat benteng juga terdapat pusat perbelanjaan yaitu pusat grosir Solo dan BTC. Di sana terdapat banyak sekali baju khas Solo mulai dari baju Solo, batik, blangkon dan masih banyak lagi.

Lokasi Benteng Vastenburg : Kedung lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta.

Itulah beberapa tempat atau destinasi yang patut Anda kunjungi jika berkunjung di kota Solo. Jika ada pertanyaan atau saran terkait artikel ini silakan menghubungi admin.

Posting Komentar untuk "Tempat Destinasi di Kota Solo Yang Wajib di Kunjungi"